Jumat, 04 Februari 2011

MANAGER dan PENGELOLAAN

ORGANIZATION (ORGANISASI)

Dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran 

GOAL (SASARAN)
Tujuan yang diusahakan untuk dicapai oleh suatu organisasi;
Organisasi seringkali mempunyai lebih dari satu sasaran;
Sasaran merupakan elemen dasar dari organisasi 



MANAGEMENT (MANAJEMEN)

Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan 

MANAGER (MANAJER)
Orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya 

ORGANISASI MEMBERIKAN KONTRIBUSI PADA STANDAR HIDUP SAAT INI

Organisasi diseluruh dunia membuat beraneka macam barang tersedia bagi pelanggan.

ORGANISASI MEMBANGUN MASA DEPAN
Semakin banyak daur ulang menciptakan kebutuhan cara menggunakan plastik yang telah di daur ulang. Floyd Hamme, pendiri Hammer’s Plastic Recycling Corp., mematenkan proses untuk mengubah plastik yang sudah didaur ulang menjadi bangku taman yang tahan segala cuaca, pembatas tempat parkir, dari papan di pertamanan.


PRESTASI MANAJERIAL DAN ORGANISASI

Managerial Performance (Prestasi kerja manajerial) 
Ukuran seberapa efisien dan efektif seorang manajer – seberapa baik dia menetapkan dan mencapai tujuan yang memadai

Organization Performance (Prestasi Kerja Organisasi) 
Ukuran seberapa efisien dan efektif sebuah organisasi -- seberapa baik organisasi itu mencapai tujuan yang memadai 


EFISIEN DAN EFEKTIVITAS

Efficiency (Efisiensi) 
Kemampuan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi: “melakukan dengan tepat”. 

Effectiveness (Efektivitas) 
kemampuan untuk menentukan tujuan yang memadai: “melakukan hal yang tepat”. 

PROSES MANAJEMEN

Process (proses) 
Metode sistematik dalam menangani aktivitas. 

Planning (merencanakan) 
Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasarn tersebut.

Organizing (mengorganisasikan) 
Proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran 


Leading (memimpin) 
Proses Mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi 

Controlling (pengendalian) 
Proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan. 


PROSES MANAJEMEN DALAM PRAKTEK

MODEL 
Bentuk yang disederhanakan dari sifat-sifat kunci dari obyek yang sebenarnya, peristiwa atau hubungan, dapat berupa verbal, visik atau matematik. 




BERBAGAI TIPE MANAJER

  1. First-line (or First level) Managers (manajer lini pertama atau tingkat pertama): Manajer yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan operasional saja dan tidak membawahkan manajer lain: mereka merupakan tingkat “pertama” atau terendah dari manajer dalam hierarki organisasi 
  2. Middle Managers (manajer menengah) Manajer yang berada ditengah-tengah dalam hierarki organisasi; mereka bertanggung jawab atas manajer lain dan kadang-kadang terhadap beberapa karyawan operasional;mereka juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior. 
  3. Top Managers (manajer puncak) Manajer yang bertanggung jawab atas seluruh manajemen dari organisasi; mereka menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya. 

MANAJER FUNGSIONAL DAN UMUM

Functions (fungsi) 
Suatu klasifikasi yang merujuk pada sekelompok aktivitas serupa dalam suatu organisasi, seperti pemasaran atau operasi. 
Functional Managers (Manajer Fungsional) 
Seorang manajer yang bertanggung jawab hanya atas satu aktivitas organisasi , seperti manajemen SDM
General Manager (manajer Umum) 
Seseorang yang bertanggung jawab atas semua aktivitas, seperti produksi, penjualan, pemasaran, dan keuangan, untuk sebuah organisasi seperti sebuah perusahaan atau sebuah anak perusahaan. 

TINGKAT MANAJEMEN DAN KETRAMPILAN

Technical Skill (Ketrampilan Teknis) 
Kemampuan menggunakan procedur, teknik dan pengetahuan bidang khusus 

Human Skill (Ketrampilan Manusia) 
Kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok 

Conceptual Skill (Ketrampilan Konseptual) 
Kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar